'Privilege' Jajal Mandalika Tak Cuma Milik Mario Aji, Pembalap Moto3 Lain Malah Sudah Menang 3 Kali

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 10 Maret 2022 | 20:02 WIB
Pembalap Honda Team Asia asal Indonesia, Mario Aji, saat balapan Moto3 Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, 6 Maret 2022. (HONDA TEAM ASIA)

BOLASPORT.COM - Mario Suryo Aji bukan satu-satunya pembalap Moto3 yang punya 'privilege', atau hak istimewa, mencoba Sirkuit Mandalika sebelum MotoGP Indonesia.

Fakta ini barangkali terdengar aneh mengingat Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru dan tidak ada tes pramusim bagi pembalap Moto3 di sana pada musim ini.

Hanya pembalap kelas utama MotoGP yang berkesempatan mencoba Sirkuit Mandalika dalam tes pramusim yang berlangsung pada 11-13 Februari silam.

Mario Aji sendiri mencoba Sirkuit Mandalika pada Januari lalu dalam rangka persiapan menghadapi musim debutnya pada kejuaraan dunia grand prix.

Baca Juga: Persiapan Pembalap Pertamina Mandalika SAG Racing Team untuk MotoGP Indonesia

Pembalap yang baru saja pulih dari cedera paha itu menggeber motor Honda CBR250RR.

Mario tidak bisa berlatih dengan motor Honda NSF250R yang dipakainya di Moto3 karena regulasi MotoGP mengaturnya demikian.

Pembalap cuma diperbolehkan berlatih menggunakan motor produksi massal dengan batasan-batasan modifikasi yang sudah ditentukan.

Dalam hal adaptasi dengan Sirkuit Mandalika, Mario Aji tertinggal dengan satu pembalap lain yang tidak lain adalah rekan setimnya.