Siap-Siap! Calon Pemilik Chelsea Harus Siapkan Dana Investasi Setara Biaya Pembangunan Bukit Algoritma

By Ivan Rahardianto - Senin, 28 Maret 2022 | 03:00 WIB
Untuk diketahui, empat penawar yang masuk adalah Todd Boehly, David Blitzer dan Josh Harris, keluarga Ricketts dan pemilik Boston Celtics, Stephen Pagliuca. Dilansir BolaSport.com dari The Athletic, empat kandidat tersebut adalah para pembeli yang sudah punya pengalaman mengelola klub olahraga. Boehly adalah bagian dari pemilik klub bisbol Amerika, Los Angeles Dodgers. Sedangkan Blitzer dan Harris,  memiliki Philadelphia 76ers, New Jersey Devils, dan beberapa klub sepak bola lainnya. Sementara, Keluarga Ricketts, yang punya padangan miring soal Islam, adalah pemilik tim bisbol Chicago Cup Adapun, Pagliuca, yang juga memiliki klub basket NBA, Boston Celtics dan diperkirakan memiliki peluang kuat untuk membeli Chelsea. (TWITTER.COM/SHERYA_ELLE)

BOLASPORT.COM - Jika ingin memiliki Chelsea, para penawar harus mengaloksikan dana investasi setara dana pembangunan Bukit Algoritma.

Pada tahun 2003 lalu, Roman Abramovich membeli Chelsea dari Ken Bates seharga 140 juta pounds atau sekitar 2,6 triliun rupiah.

Di bawah kendali Abramovich, Chelsea bertransformasi menjadi salah satu klub tersukses di Liga Inggris.

Dilansir BolaSport.com dari Transfermarkt, 5 gelar Liga Inggris, 5 Piala FA, 2 gelar Liga Champions, 2 gelar Liga Europa, dan 1 gelar Piala Dunia Klub menjadi raihan Chelsea bersama Abramovich.

Namun, kebersamaan antara Chelsea dan Abramovic akan berakhir dalam waktu dekat.

Pasalnya, Abramovich terpaksa harus menjual Chelsea setelah invasi Rusia ke Ukraina membuat kepemilikannya atas klub menjadi tidak pasti.

Baca Juga: Timo Werner Lebih Cocok Main di Timnas Jerman Ketimbang Chelsea

 

Akan tetapi, langkah untuk menjual Chelsea sempat tertunda, setelah Abramovich diberi sanksi oleh Pemerintah Inggris, akibat hubungan dekatnya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Tak berselang lama, Pemerintah Inggris akhirnya memberikan lampu hijau untuk proses penjualan Chelsea.