Demi Kantongi Surat dari Presiden Jokowi untuk Percepatan Naturalisasi, Hasani Abdulgani Bakal Cari Akses ke Istana

By Abdul Rohman - Minggu, 3 April 2022 | 06:30 WIB
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani saat rapat bersama Kemenkumham, Kemenpora, BIN, hingga Imigrasi, Jumat (18/3/2022).

BOLASPORT.COM - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, bakal meminta bantuan rekan sejawatnya untuk bisa mendapatkan akses ke Presiden Republik (RI) Indonesia, Joko Widodo.

Surat rekomendasi dari Joko Widodo sangat membantu demi proses percepatan naturalisasi yang sedang dijalani tiga pemain keturunan.

Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Dikatakan Hasani Abdulgani, terdapat Undang-undang (UU) yang bisa mempercepat tiga nama yang disebut di atas itu agar bisa segera menyandang status Warga Negara Indonesia.

Yakni pada UU Nomor 12 tahun 2006 dalam pasal 20, tentang Kewarganegaraan.

Yang berbunyi "Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kecuali dengan pemberian kewarganegaraan tersebut mengakibatkan yang bersangkutan berkewarganegaraan ganda."

Baca Juga: Legenda MotoGP Analisis Kans Quartararo Menangi MotoGP Argentina 2022

"Mesti media nulis banyak (soal proses tiga pemain naturalisasi), nanti saya minta bantu kiri kanan lah, tapi ya namanya baru terpikir," kata pria yang ditugaskan menjalankan proyek naturalisasi ini.

"Kenapa selama ini enggak ada yang kasih tahu, karena itu statement dulu keluar dari pejabat imigrasi."