Uji Coba Sepak Bola 60 Menit akan Segera Dilaksanakan dengan Sistem Mirip Rugbi

By Ivan Rahardianto - Jumat, 8 April 2022 | 21:30 WIB
Uji coba yang akan memperlihatkan pertandingan sepak bola hanya dalam waktu 60 menit akan berlangsung pada bulan depan, menunggu persetujuan dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional. (TWITTER.COM/THEEARNER2022)

BOLASPORT.COM - Uji coba yang akan memperlihatkan pertandingan sepak bola hanya dalam waktu 60 menit akan berlangsung pada bulan depan, di mana menunggu persetujuan dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional.

Dinukil BolaSport.com dari iNews, Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) ingin menguji proposal tersebut di Liga U-23 Portugal.

Dalam pertandingan tersebut, permainan akan dimainkan dalam dua babak, masing-masing berlangsung selama 30 menit, dengan waktu hanya berjalan saat bola bergulir dalam permainan.

Sistem ini mirip dengan apa yang saat ini digunakan dalam olahraga rugbi.

Oleh karena itu, agar pertandingan dianggap uji coba resmi, FPF harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), yang bertanggung jawab untuk mengendalikan hukum sepak bola.

Jika mendapat lampu hijau, maka FPF akan menugaskan tim dari universitas untuk menganalisis data dan membuat laporan terperinci tentang temuan tersebut dengan mempertimbangkan ofisial, pelatih, pemain, dan penggemar.

Baca Juga: Pelatih Paling Menakutkan di Mata Wasit Tergalak Liga Inggris, Arsene Wenger Bilang Begini

Dilansir BolaSport.com dari Sportbible, ide dari pertandingan selama 60 menit adalah untuk mencegah tim dari membuang-buang waktu serta mendorong tim untuk memainkan sepak bola yang lebih menarik dan meningkatkan pengalaman menonton pertandingan secara keseluruhan.

CIES Football Observatory, yang merupakan badan penelitian independen, mengungkapkan pada Februari 2022 bahwa bola rata-rata dimainkan di bawah 60 menit dalam 36 liga di seluruh Eropa sejak musim 2018-2019.