Akankah Balapan Seri Eropa Jadi Kebangkitan Para Pembalap Yamaha?

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 12 April 2022 | 15:58 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, saat menjalani tes resmi di Sirkuit Misano, Italia, 22 September 2021. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Yamaha bisa dibilang menjadi satu-satunya pabrikan dengan hasil yang cukup mengenaskan pada empat balapan pertama MotoGP 2022.

Pasalnya, hanya Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) seorang yang mampu bersaing di baris terdepan untuk mendapatkan podium.

Podium kedua Quartararo pada MotoGP Indonesia menjadi satu-satunya kesuksesan Yamaha pada awal musim ini.

Dua pembalap Yamaha lain juga finis di posisi 10 besar yaitu Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) di posisi ke-7 dan Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) di urutan ke-10.

MotoGP Indonesia bisa dibilang bersahabat buat motor YZR-M1 karena memiliki karakter Sirkuit Mandalika yang mengalir berkat rangkaian tikungan cepat.

Minimnya lintasan lurus yang panjang di Mandalika juga menutupi kelemahan M1 dalam top speed yang terbukti menjadi PR besar pada musim ini.

Selebihnya, sulit untuk menampik bahwa Yamaha sedang berada dalam krisis.

Pasalnya pada tiga balapan lain: GP Qatar, Argentina dan Americas, tak ada pembalap Yamaha yang berhasil finis 10 besar kecuali Quartararo.

Hanya Quartararo yang mampu memaksimalkan kekuatan YZR-M1.

Baca Juga: 1 Skenario yang Bisa Bikin Jack Miller Cuek Jika Terdepak dari Ducati