PSSI Butuh Sponsor untuk Terapkan VAR di Liga 1 Musim Depan

By Sasongko - Rabu, 20 April 2022 | 06:20 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 19 April 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umim PSSI, Mochamad Iriawan memilih untuk bersikap realistis soal Video Assistant Referee (VAR) di Kompetisi sepakbola Indonesia.

Ketua PSSI Mochamad Iriawan bicara soal rencananya untuk meningkatkan kualitas wasit di kompetisi sepakbola profesional.

Hal ini disampaikan dihadapan awak media pada Selasa (19/4/2022) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurutnya, Liga 1 musim lalu sudah menerapkan skema asisten wasit tambahan di belakang gawang.

Namun, dirinya masih punya rencana untuk menerapkan Video Assistant Referee (VAR) untuk Liga 1 musim depan.

Masalahnya PSSI butuh sponsor besar untuk bisa menebus peralatan VAR, belum lagi biaya operasional per laganya mencapai 200 juta rupiah.

"Kami sekarang sudah ada asisten wasit tambahan dan kami ingin adakan VAR dan itu akan benar2 kami hitung," ujar Mochamad Iriawan 

"Dan kami sudah komunikasi kalau ada sponsor mau membiayai VAR itu cukup mahal 90 milar ya itu sekitar per alat, fan sekali main itu di stadion itu sekitar 200 juta,"

Mochamad Iriawan juga masih memprioritaskan masalah-masalah federasi yang belum bisa diwujudkan, seperti tersedianya markas untuk PSSI dan Training Camp untuk Timnas Indonesia.