F1 GP Emila Romagna - Alasan Verstappen Diampuni Walau Cetak Pole Saat Bendera Kuning

By Wawan Saputra - Sabtu, 23 April 2022 | 16:48 WIB
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, memenangi balapan Formula 1 GP Arab Saudi di Sirkuit Corniche Jeddah, Arab Saudi, 27 Maret 2022. Tampak di belakang ada pembalap Ferrari, Charles Leclerc, yang menjadi runner-up. (HAMAD I MOHAMMED / AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen sempat menjadi sorotan karena mencetak waktu pole position saat bendera kuning pada Formula 1 GP Emilia Romagna.

Kualifikasi Formula 1 GP Emilia Romagna pada di Sirkuit Imola, Italia, Jumat (22/4/2022), diwarnai sejumlah insiden yang menghambat jalannya sesi.

Salah satunya adalah masalah teknis yang membuat pembalap Alfa Romeo, Veltteri Bottas, harus meminggirkan mobil balapnya di pinggir lintasan.

Pertanyaan kemudian muncul ketika catatan waktu lap terbaik Verstappen dipertahankan walau dia melewati sektor yellow flag di mana Bottas berhenti.

Biasanya catatan waktu pembalap otomatis dibatalkan jika dilakukan dengan melintasi sektor bendera kuning.

Tidak mau menimbulkan kontroversi Race Director F1, Niels Wittich, memberikan penjelasan kenapa catatan waktu Verstappen dipertahankan.

Wittich menjelaskan bahwa ada perbedaan antara sinyal satu bendera kuning dengan sinyal dua bendera kuning.

Catatan waktu pembalap otomatis akan dibatalkan jika dia melintas sektor di mana sinyal bendera kuning ganda dikibarkan.

"Setiap pembalap yang melewati sektor di mana marshal mengibarkan bendera kuning ganda harus mengurangi kecepatan secara signifikan," ucap Wittich, dikutip dari Motorsport.

Baca Juga: Lewis Hamilton Harus Jadi 'Super Hero' Setiap Akhir Pekan