Tahan Imbang Vietnam, Filipina Menyontek Taktik Timnas Indonesia di Piala AFF 2020?

By Sasongko - Senin, 9 Mei 2022 | 05:45 WIB
Duel antara Nguyen Tien Linh (Vietnam) lawan pemain belakang Filipina pada lanjutan fase grup A SEA Games 2021 (Zingnews.vn)

BOLASPORT.COM - Hasil mengejutkan Timnas U-23 Filipina yang berhasil menahan imbang Vietnam punya kemiripan dengan taktik Shin Tae-yong saat menahan Vietnam pada Piala AFF 2020.

Timnas U-23 Filipina berhasil menahan imbang tanpa gol Timnas U-23 Vietnam pada laga kedua fase grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho pada Minggu (8/5/2022).

Hasil tersebut sebenarnya tidak mengejutkan jika kita memperhatikan laga tersebut secara seksama.

Pasalnya, apa yang dilakukan Timnas U-23 Filipina tadi punya kemiripan dengan cara Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 saat menahan Vietnam tanpa gol.

Laga Indonesia lawan Vietnam pada 15 Desember 2021 tersebut membuka kotak pandora kelemahan skema milik Park Hang-seo yang terkenal superior di kawasan Asia Tenggara dalam lima tahun terakhir.

Hasil laga tersebut jadi awal kehancuran Vietnam di Piala AFF 2020 yang kalah di babak semifinal lawan Thailand.

Perbedaan mendasar antara Thailand dan Indonesia saat menghadapi Vietnam pada Piala AFF 2020 adalah eksekusi pada skema serangan balik.

Thailand mencetak dua gol kemenangannya di babak semifinal Piala AFF 2020 lewat skema serangan balik cepat yang membelah pertahanan Vietnam.

Sementara Indonesia kurang klinis dalam fase transisi serangan balik cepat, sehingga tidak ada peluang berbahaya yang mendarat ke gawang Vietnam pada laga tersebut.