MotoGP Bakal Pensiunkan Nomor 46 Valentino Rossi pada GP Italia

By Wahid Fahrur Annas - Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:30 WIB
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, berpose di depan lukisannya pada konferensi pers khusus jelang pensiun di Valencia, Spanyol, Kamis (11/11/2021). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM – MotoGP akan pensiunkan nomor 46 milik Valentino Rossi pada seri kedelapan balapan musim ini di GP Italia 2022.

Dikutip BolaSport.com dari The-Race, MotoGP telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus nomor 46 Valentino Rossi dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu, (14/5/2022).

Nomor 46 akan dipensiunkan pada Sabtu sore sebelum sesi kualifikasi dimulai dalam presentasi di garis start Sirkuit Mugello, Italia.

Dengan dipensiunkan nomor 46 miliknya, Valentino Rossi akan tergabung dengan para legenda MotoGP lainnya.

Yaitu Kevin Schwantz dengan nomor 34, kemudian Loris Capirossi yang identik dengan nomor 65, hingga Nicky Hayden dengan 69.

Baca Juga: MotoGP Prancis 2022 - Marc Marquez Sedang Dalam 'Mode Hemat Daya'

Nomor-nomor mereka telah dihapus dari kelas utama MotoGP, jadi pembalap lain tidak boleh lagi mengenakannya.

Meski begitu pada 2016 lalu, Rossi sendiri pernah mengatakan bahwa ia memperkenankan jika pembalap lain ingin menggunakan nomornya dalam balapan.

“Tentang nomor saya, saya berpikir, kesan pertama saya adalah saya tidak suka bahwa nomor 46 dihapuskan,” kata Rossi enam tahun lalu.