Momen Bersejarah! Pertama Kalinya Wasit Perempuan akan Pimpin Laga Piala Dunia

By Rebiyyah Salasah - Jumat, 20 Mei 2022 | 07:45 WIB
Tiga wasit perempuan yang akan memimpin laga Piala Dunia 2022: Yoshimi Yamashita dari Jepang (kiri), Stephanie Frappart dari Prancis (kanan atas), dan Salima Mukansanga dari Rwanda (TWITTER.COM/FIFAWORLDCUP)

BOLASPORT.COM - Piala Dunia 2022 di Qatar akan momen bersejarah lantaran pertama kalinya ajang empat tahunan antarnegara itu dipimpin oleh wasit perempuan

Sebanyak tiga wasit perempuan telah dipilih untuk memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar

Ketiga wasit perempuan itu antara lain Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang. 

Mereka pun akan didukung oleh tiga asisten wasit perempuan dalam turnamen yang bakal dimulai pada 21 November 2022 tersebut. 

Salah satu dari ketiga pengadil lapangan itu, Yoshimi Yamashita, sebelumnya tercatat menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan di Liga Jepang atau J-League.

Baca Juga: Masih Ada Peluang Bagi Timnas Italia Main di Piala Dunia 2022

Selain itu, Yoshimi Yamashita juga menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions Asia antara antara Melbourne City FC dan Jeonnam Dragons pada April 2022.

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menuturkan proses pemilihan wasit untuk Piala Dunia 2022 didasarkan pada kualitas sang pengadil lapangan. 

Collina menegaskan bahwa gender tidak berpengaruh apa-apa dalam pemilihan tersebut.