Jadwal MotoGP Italia 2022 - Siapa Penerus Raja Mugello Setelah Rossi Pensiun?

By Delia Mustikasari - Selasa, 24 Mei 2022 | 13:55 WIB
Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Italia, 30 Mei 2021. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 akan dilanjutkan pada seri balap kedelapan yakni GP Italia di Sirkuit Mugello, 27-29 Mei.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menuju Mugello dengan status sebagai pemimpin klasemen MotoGP dengan raihan 102 poin. Quartararo juga berhasil menaklukkan Mugello setelah keluar sebagai juara MotoGP Italia 2021.

Namun, Aleix Espargaro (Aprilia) dan Enea Bastianini (Gresini Racing) sedang dalam performa terbaik.

Quartararo harus tidak memiliki banyak ruang untuk kesalahan jika ingin mempertahankan keunggulannya.

Baca Juga: Update Peringkat Dunia BWF - Anthony Ginting Digeser Lee Zii Jia, Ahsan/Hendra Turun 1 Tingkat

Sirkuit Mugello yang memiliki karakter cepat, mengalir dan kencang menjadi tempat yang identik dengan kejayaan Ducati. Ducati telah memenangkan tiga edisi terakhir MotoGP Italia dan naik podium sejak 2015.

Sementara itu, raja Sirkuit Mugello adalah Valentino Rossi yang total telah mencatatkan tujuh kali podium utama.

Torehan tujuh podium tersebut didapat secara beruntun sejak dimulainya era MotoGP (sebelumnya kelas 500cc) yakni pada 2002.

Mugello juga merupakan tempat di mana Honda benar-benar berhasil mencapai kecepatan tertinggi mereka pada 2019 ketika Marc Marquez (Repsol Honda) berhadapan langsung dengan Ducati.

Kemenangan Marquez pada 2014 di Sirkuit Mugello adalah satu-satunya kemenangan pembalap non-Ducati untuk pembalap yang masih berada di grid.