Diisi Banyak Pembalap Italia, Ducati Tidak Akan Beri Keistimewaan

By Wawan Saputra - Kamis, 26 Mei 2022 | 18:30 WIB
Francesco Bagnaia tampil dominan sejak sesi kualifikasi sampai balapan di MotoGP Spanyol 2022, Minggu (1/5/2022) di Sirkuit Jerez. (JAVIER SORIANO/AFP)

BOLASPORT.COM – Ducati merupakan salah satu pabrikan di MotoGP yang memiliki banyak tim, ada empat tim dengan delapan pembalap berbeda. Lima diantaranya berkebangsaan Italia.

Lima pembalap berkebangsaan Italia yang ada di Ducati adalah Francesco Bagnaia di tim Ducati Lenovo, Enea Bastianini dan Fabio Giannantonio di tim Gresini Racing.

Serta Luca Marini dan Marco Bezzecchi yang ada di tim Mooney VR46 Racing Team. Sedangkan tiga pembalap sisa masing adalah Jack Miller dari Australia, Johann Zarco dari Prancis dan Jorge Martin dari Spanyol.

Meski didominasi oleh pembalap berkebangsaan Italia, Ducati menjelaskan tidak ada keistimewaan.

Ducati memilih pembalap berdasarkan performa dan potensi mereka jadi tidak memandang kebangsaannya.

Khusus untuk tim Mooney VR46 Racing Team karena statusnya sebagai tim satelit, Ducati tidak bisa ikut campur dalam urusan pemilihan pembalap.

Karena Mooney VR46 Racing Team memang dibentuk untuk mewadahi para pembalap yang berasal dari Italia.

Mooney VR46 Racing Team sendiri didirikan oleh salah satu legenda MotoGP sekaligus peraih sembilan kali gelar juara dunia Valentino Rossi.

Mengenai kesetaraan dan tidak ada perlakukan khusus untuk pembalap Italia di Ducati disampaikan langsung oleh Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti.