Aleix Espargaro Puji Performa Para Pembalap Muda pada MotoGP Italia

By Wawan Saputra - Minggu, 29 Mei 2022 | 11:44 WIB
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, kegirangan usai mencatatkan finis ketiga pada MotoGP Prancis 2022 di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (15/5/2022). Ini menjadi podium ketiga secara beruntung bagi pembalap Spanyol itu. (DOK. MOTOGP.COM )

BOLASPORT.COM - Kejutan terjadi pada kualifikasi MotoGP Italia 2022 ketika baris terdepan dihuni pembalap-pembalap muda. Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, hanya bisa memuji keberanian mereka.

Kualifikasi MotoGP Italia memang berlangsung dalam kondisi yang tidak mudah.

Hujan mengguyur Sirkuit Mugello di Italia yang menjadi arena lomba pada Sabtu (29/5/2022) siang waktu setempat sebelum kualifikasi berlangsung.

Bendera merah pun sempat dikibarkan ketika Marc Marquez (Repsol Honda) mengalami highside hingga bagian depan motornya rusak parah.

Kondisi demikian memberi kesempatan bagi pembalap yang sebelumnya berada di bawah bayang-bayang untuk menunjukkan tajinya.

Fabio Di Gianantonio (Gresini Racing) yang selama ini tertutupi sinar rekan setimnya, Enea Bastianini, secara mengejutkan merebut pole position.

Kualifikasi 1 dimanfaatkan Di Giannantonio untuk mengamati duo pembalap spesialis hujan pada MotoGP yaitu Marc Marquez dan Jack Miller (Ducati Lenovo).

Pembalap yang akrab disapa Digia mampu menerapkannya untuk lolos ke kualifikasi 2 dan mencetak waktu lap tercepat.

Sementara posisi kedua dan ketiga diisi dua pembalap tim bentukan Valentino Rossi, Mooney VR46, yaitu Marco Bezzecchi dan Luca Marini.

Baca Juga: Marc Marquez Absen Lama, Pol Espargaro Bakal Kelimpungan Lagi?