Shi Yu Qi Beri Sinyal Akan Kembali Beraksi Setelah Diberi Sanksi

By Wawan Saputra - Minggu, 29 Mei 2022 | 19:00 WIB
Tunggal putra China, Shi Yuqi, saat berpose dengan memegang medali dan trofi setelah tampil sebagai (doddy)

BOLASPORT.COM – Kabar gembira datang dari pemain tunggal putra China Shi Yu Qi, yang dikabarkan mendapatkan hukuman larangan bermain oleh Federasi Bulu Tangkis China, sudah beri sinyal akan segera beraksi kembali.

Shi Yu Qi dikabarkan mendapatkan larangan bermain selama satu tahun karena perilaku yang tidak pantas di ajang Thomas Cup 2022.

Kala itu pada babak semifinal Thomas Cup 2020 China bertemu dengan Jepang,  Shi Yu Qi yang dipilih untuk melawan tunggal putra unggulan Kento Momota justru memilih mundur dan dinilai tidak sportif.

Saat itu, Shi tertinggal pada gim pertama karena kalah dengan skor akhir 20-22, lanjut ke pertandingan di gim kedua dia tertinggal jauh di interval dengan skor 2-11.

Selepas interval skor terus berubah dan menambah perolehan angka bagi Momota menjadi 20-5, pada momen match point tersebut Yuqi memilih untuk mundur dari pertandingan.

Selepas pertandingan Shi justru membuat pernyataan kontroversial dengan menganggap bahwa Momota belum sah menjadi pemenang karena belum mencapai skor 21.

"Ya, jika dia tetap berada di angka 20 itu berarti saya belum kalah," ucap Shi kala itu dikutip Bolasport.com dari Tribunsport.

Hal tersebut membuat Federasi Bulu Tangkis China memutuskan untuk menjatuhkan sanksi larangan bertanding kepada Shi selama satu tahun.

Dengan larangan yang dijatuhkan tersebut federasi bulu tangkis China berharap Yuqi bisa berkaca dan memperbaiki sikapnya kedepan.