Ferarri Buat Banyak Kesalahan, Charles Leclerc Gagal Podium

By Wawan Saputra - Senin, 30 Mei 2022 | 19:30 WIB
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, berpose setelah menjuarai Formula 1 (F1) GP Australia di Sirkuit Melbourne, Minggu (10/4/2022) (CON CHRONIS/AFP)

BOLASPORT.COM - Tampil di hadapan publik sendiri, meraih pole position ternyata berakhir kurang menyenangkan bagi Charles Leclerc di Formula 1 GP Monako. Buntut kegagalannya Leclerc sebut Ferarri lakukan banyak kesalahan.

Meski tampil di rumah sendiri yaitu di Sirkuit Jalan Raya Monako pada Minggu (29/5/2022) nyatanya Leclerc tidak mampu mengkonversi pole positionnya menjadi ending bahagia dengan naik podium.

Karena Leclerc hanya mampu menyelesaikan balapan di tempat keempat di belakang Sergio Perez (Red Bull), Carlos Sainz (Ferarri) dan Max Verstappen (Red Bull).

Kegagalan Leclerc naik podium dipicu karena Ferarri memintanya mengganti ban kering lebih awal setelah dinilai aspal mulai mengering.

Setelah Perez dan Sainz melakukan undercut dan mengganti ban intermediate, Ferarri memutuskan untuk memasukkan Leclerc ke pit stop dan mengganti ban serupa.

Tapi keputusan yang dibuat oleh Ferarri tersebut justru membuat posisi Leclerc melorot ke tempat ketiga.

Ferarri benar-benar membuat kesalahan besar dengan melakukan dua pit stop sekaligus, di mana hal tersebut memberikan kerugian secara nyata untuk Leclerc.

Di lap-lap akhir balapan sebenarnya Leclerc sempat sangat dekat dengan Verstappen.

Namun trek di Monte Carlo yang sempit membuat Leclerc kesulitan untuk melakukan manuver untuk menguasai tempat ketiga di rumah sendiri.