Buntut Insiden dengan Takaaki Nakagami, Alex Rins Sebut Panel Steward Terlalu Tua

By Wawan Saputra - Senin, 6 Juni 2022 | 14:00 WIB
Pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami (tengah), terjatuh dari motornya dan menyebabkan kecelakaan besar yang juga melibatkan Francesco Bagnaia (Ducati/kiri)dan Alex Rins (Suzuki Ecstar/kanan) di tikungan pertama pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, 5 Juni 2022. (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins benar-benar tidak habis pikir dengan keputusan yang diambil oleh Race Direction dan Steward MotoGP dari FIM. Karena kesalnya Rins menyebut bahwa Panel Steward sudah terlalu tua.

Kecelakaan di tikungan pertama saat balapan di Sirkuit Catalunya pada Minggu (5/6/2022) berbuntut panjang.

Kecelakaan tersebut menyeret tiga pembalap sekaligus yaitu Takaaki Nakagami (LCR Honda), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), dan Alex Rins (Suzuki).

Setelah insiden memang penyelidikan sempat dilakukan oleh pihak yang terkait yaitu Race Director dan Steward MotoGP dari FIM.

Di balapan MotoGP memang kedua bagian tersebut yang menjadi penanggung jawab dalam keselamatan balapan.

Sejak tahun 2018 kedua tim ini memiliki tugas dan fungsi yang lebih rinci. Dimana Race Director adalah tim yang mengurusi manajemen balapan.

Contoh dari tugas Race Director adalah menentukan apakah red flag, yellow flag, balapan basah dan lain-lain.

Mike Webb dipercaya menjadi Race Director MotoGP sejak 2012.

Sedangkan salah satu tugas dari Steward MotoGP dari FIM adalah menjatuhkan hukuman usai melakukan analisis terhadap suatu insiden atau kecelakaan dalam balapan.