Klasemen Runner-Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia dalam Bahaya

By Sasongko Dwi Saputro - Minggu, 12 Juni 2022 | 14:00 WIB
Witan Sulaeman dalam laga timnas Indonesia Vs Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023 grup A, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. (PSSI)

BOLASPORT.COM - Peluang lolos Timnas Indonesia lewat jalur runner-up terbaik dalam status bahaya usai kalah tipis atas Yordania di laga kedua Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia telan kekalahan tipis 0-1 atas Yordania pada laga yang digelar di Stadion Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Minggu (12/6/2022).

Tentu untuk mengamankan kelolosan ke babak utama Piala Asia 2023 sebagai juara grup bukanlah hal yang mudah bagi Timnas Indonesia.

Pasalnya, Timnas Indonesia hanya bisa berharap dari Tim Kuwait menang dengan skor 1-0 atas Yordania (bukan menang dengan selisih 1 gol) terlebih dahulu di laga penentuan.

Dalam perhitungan head to head ketiga tim, dipastikan bakal berimbang, karena saling mengalahkan dan punya selisih gol identik, yaitu 0.

Jika sudah dipastikan saling mengalahkan, maka penentuan kelolosan dilihat dari jumlah gol yang diciptakan dalam pertemuan ketiganya.

Skema ini bakal menempatkan Timnas Indonesia dan Kuwait sebagai tim yang lolos, karena punya catatan gol lebih besar dari Yordania dalam perhitungan head to head (Indonesia 2, Kuwait 2, Yordania 1).

Namun sepertinya peluang ini bakal kecil sekali untuk terjadi, karena Yordania masih terlalu kuat untuk seluruh tim di Grup A Kualifikasi Piala Asia.

Karena itu, asumsi jika Timnas Indonesia masuk dalam daftar runner-up terbaik usai menang atas Nepal.