5 Fakta Indonesia Open 2022 - Axelsen Bikin Tunggal Putra China Mandul 33 Tahun hingga Kejutan Pasangan Baru

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 19 Juni 2022 | 22:08 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen yang mengajak anaknya berfoto setelah menjuarai Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (19/6/2022). (WILA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Berbagai fakta menarik muncul dari Indonesia Open 2022. Salah satunya adalah catatan minor di balik kesuksesan China menjadi juara umum.

China melanjutkan kesuksesan mereka di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Setelah tiga gelar dari Indonesia Masters 2022 pada pekan lalu, pasukan Negeri Tirai Bambu menambah dua gelar dari Indonesia Open 2022 yang merupakan turnamen level Super 1000.

Namun, ada noda di balik pencapaian tinggi mereka.

1. China Masih Seret Gelar Indonesia Open di Tunggal Putra

Kekalahan telak 9-21, 10-21 yang diderita Zhao Jun Peng dari Viktor Axelsen (Denmark) memperpanjang puasa gelar pemain tunggal putra China di Indonesia Open.

Belum pernah ada pemain tunggal putra China yang mampu menjuarai Indonesia Open sejak Xiong Guong Bao pada tahun 1989. Lebih dari tiga dekade lalu!

Walau punya deretan jawara di berbagai era, termasuk Lin Dan yang dianggap sebagai legenda, tunggal putra China tak seberuntung empat nomor lain di Indonesia Open 2022.

Cerita berbeda dialami Axelsen. Sebelumnya belum pernah menang di Istora, pemain nomor satu dunia melakukannya secara back-to-back pada tahun ini pada Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Baca Juga: Rekap Final Indonesia Open 2022 - Pasangan Jagoan dan Pengganti Juara, China Kembali Berjaya