Update Peringkat BWF - Fajar Rian Tembus 5 Besar, Apriyani/Fadia Naik 54 Tingkat

By Delia Mustikasari - Selasa, 5 Juli 2022 | 10:46 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada final Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7/2022). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mencatat peringkat terbaik dalam karier mereka setelah menjadi runner-up Malaysia Open 2022.

Berdasarka daftar peringkat dunia yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Selasa (5/7/2022), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kini menembus peringkat kelima dunia.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto naik dua tingkat dengan menggeser ganda putra terbaik Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) yang sudah pensiun.

Namun, Fajar/Rian masih terpaut jauh dari perolehan poin juara Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) yang menduduki peringkat keempat dunia dengan 16.313 poin.

Baca Juga: Alex Marquez: Tanpa Marc Marquez, Honda Tersesat

Posisi pertama masih ditempati wakil Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) yang mengalahkan Fajar/Rian pada Malaysia Open 2022 masih di peringkat kedua dunia dengan selisih poin mendekati Marcus/Kevin.

Tiga ganda putra muda Indonesia. tidak mengalami perubahan posisi. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambutan, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masing-masing di urutan ke-14, ke-20, dan ke-23 dunia.

Dari nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menjuarai Malaysia Open 2022 melejit posisinya. Apriyani/Fadia naik 54 tingkat dan kini menempati ranking ke-79 dunia.

Ganda putri Indonesia lainnya yang mengalami kenaikan peringkat cukup signifikan adalah Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi  dengan naik 10 posisi di urutan ke-58 dunia.

Sementara itu, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto naik 74 setrip ke peringkat ke-135 dunia.