Bukan Hanya AFF, PSSI Pastikan Akan Tindak Lanjut Pengajuan Protes ke AFC dan FIFA

By Wila Wildayanti - Senin, 11 Juli 2022 | 20:50 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat sedang melakukan wawancara di Menara Mandiri 2, Senayan, Jakarta, 11 Juli 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan tak akan hanya mengajuan protes kepada ASEAN Football Federation (AFF) saja, tetapi akan ditindak lanjut ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan FIFA terkait dugaan main mata pada laga Thailand vs Vietnam.

Laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Thailand vs Vietnam yang berhulir di Stadion Madya, Senayan, Minggu (10/7/2022) memang diduga ada main mata.

Untuk itu, PSSI pun dengan tegas memberikan surat secara resmi terkait keberatan soal pertandingan yang ditunjukkan oleh Thailand vs Vietnam.

Pengajuan protes ini didasari karena laga antara Thailand dan Vietnam yang dinilai tak berlangsung fairplay.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2022 - Gagal Bertemu Timnas U-19 Indonesia di Semifinal, Begini Reaksi Pelatih Malaysia

Sebab Thailand dan Vietnam setelah mencetak skor 1-1, kedua tim hanya mamainkan bola dipertahanan mereka masing-masing tanpa ada penyerangan hampir 10 menit lamanya.

Sehingga hal ini membuat PSSI merasa dirugikan meski dalam regulasinya memang AFF menggunakan aturan head to head.

Dalam aturan head to head ini timnas U-19 Indonesia memang kalah karena mereka tak memiliki gol satu pun ke gawang Thailand atau Vietnam.

Sedangkan kedua tim lawan memiliki masing-masing satu gol.