Sejumlah Kerugian untuk PSSI dan Timnas Indonesia Jika Turuti Netizen Tanah Air Gabung EAFF

By Sasongko Dwi Saputro - Sabtu, 16 Juli 2022 | 15:45 WIB
Pemain timnas U-19 Indonesia, Edgard Amping (kanan), sedang menendang bola dan dibayangi pilar timnas U-19 Myanmar bernama Khun Aung Soe (kiri) ketika bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 10 Juli 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Warganet Indonesia menuntut PSSI agar keluar dari keanggotaan AFF untuk bergabung dengan EAFF.

Timnas Indonesia didesak keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF. Apabila terjadi, maka skuad Garuda bisa melawan tim-tim kuat seperti Korea Selatan hingga Jepang.

Timnas Indonesia sebelumnya diminta oleh para pecinta sepak bola Tanah Air untuk segera keluar dari AFF, yang merupakan Federasi Sepak Bola Negara-negara Asia Tenggara.

Bukan tanpa alasan, para pecinta sepak bola Tanah Air menginginkan timnas Indonesia untuk keluar dari AFF buntut dari kekecewaan mereka pada gelaran Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, timnas U-19 Indonesia baru saja gagal melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena peraturan usang yang masih digunakan oleh AFF.

Pada Piala AFF U-19 2022, peraturan yang digunakan oleh AFF adalah head-to-head dan bukan memakai aturan selisih gol.

Padahal, aturan head-to-head yang digunakan pada Piala AFF U-19 2022 ini sudah tidak diberlakukan lagi di FIFA.

Karena peraturan head-to-head ini, timnas U-19 Indonesia yang tampil gacor selama gelaran Piala AFF U-19 2022 harus tersingkir.

Timnas U-19 Indonesia hanya menempati peringkat ketiga dalam klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2022.