Beda Kelas Juru Taktik, Thomas Doll di Persija Buat Formasi 3-5-2 Kembali Bergairah di Liga Indonesia

By Sasongko Dwi Saputro - Sabtu, 16 Juli 2022 | 23:00 WIB
Selebrasi pemain Persija Jakarta usai mencetak gol ke gawang RANS Nusantara FC dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/2022). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelatih baru Persija Jakarta, Thomas Doll menunjukkan kelasnya sebagai juru taktik level dunia dengan menghidupkan formasi lawas di Indonesia dari dalam kuburnya.

Persija Jakarta baru saja menang 4-2 atas RANS Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (16/7/2022).

Meski masih laga pramusim, setidaknya laga tersebut sudah menunjukkan kisi-kisi permainan Persija Jakarta.

Persija Jakarta tampil dengan cara yang ciamik dan atraktif dalam pola 3-5-2.

Trio Hanno Behrens, Michael Krmencic, dan Ginanjar Wahyu sore tadi cukup untuk mengobrak-abrik pertahanan Rans Nusantara FC, dibantu oleh dua wing back yang diisi Frenky Deaner dan Firza Andika konsisten mengisi lebar lapangan saat tim menyerang.

Lebih gilanya lagi, Thomas Doll berhasil membangkitkan formasi 3-5-2 dari alam kubur sepak bola Indonesia dengan sedikit penyesuaian dengan skema taktik kekinian.

Seperti yang diketahui, pola 3-5-2 merupakan taktik andalan tim-tim Liga Indonesia era 1990-an hingga pertengahan 2000-an.

Bahkan para penonton Liga Indonesia waktu itu dapat menghafalkan siapa saja yang main di pola itu.

Pola tersebut mengandalkan satu pemain berposisi libero dalam pola 3 bek tengah.