Sambil Tertawa, Bos Ducati Benarkan Kunci Pagari VR46 dari Rayuan Yamaha Ada di Mobil Valentino Rossi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 19 Juli 2022 | 07:00 WIB
Dua pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (bawah) dan Luca Marini (atas) ketika bersaing pada MotoGP Italia 2022. Mooney VR46 kerap dihubungkan dengan Yamaha. (DOK. MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Mooney VR46 dihubungkan lagi dengan Yamaha. General Manager Ducati, Gigi Dall'Igna, tidak menutup kemungkinan pisah di tengah jalan tetapi yakin kesepakatan akan terus berjalan.

Koneksi Valentino Rossi dengan Yamaha membuat tim VR46 terus dikaitkan dengan pabrikan garpu tala itu sejak kabar rencana tampil di kelas utama MotoGP beredar.

Sekarang pun masih sama. Lebih-lebih setelah Yamaha kehilangan tim satelit pasca-kepindahan WithU RNF, suksesor Petronas SRT, ke Aprilia mulai musim 2023.

Yamaha dipastikan hanya akan mengandalkan dua pembalap tim pabrikan pada MotoGP musim depan.

Status "jomblo" pabrikan Iwata bahkan terancam berlangsung lebih lama.

Pasalnya, kontrak antara tim independen dengan pabrikan induk masing-masing akan berlangsung setidaknya hingga musim 2024.

LRC dengan Honda, Pramac Racing dan VR46 dengan Ducati, mereka semua memiliki kemitraan yang berlangsung dua musim lagi.

Gresini Racing yang memiliki kontrak paling singkat sampai 2023 sudah mendapat tawaran perpanjangan dari Ducati demi memuluskan manuver dalam bursa transfer pembalap.

Mantan tim satelit Yamaha, Tech3? Jangan mimpi! Mungkin demikian reaksi Pierer Mobility AG, induk dari KTM, karena sudah meneken kontrak dengan Tech3 sampai 2026.

Baca Juga: Cuma 1 Jam dengan Yamaha M1, Raja WSBK Tempel Catatan Valentino Rossi: Harusnya Bisa Lebih Baik Lagi!