Keikutsertaan Shi Yu Qi pada Kejuaraan Dunia 2022 Dipermasalahkan

By Wahid Fahrur Annas - Jumat, 22 Juli 2022 | 17:15 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Shi Yu Qi, berbicara di mixed zone seusai bertanding pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020). (LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Kabar pebulu tangkis tunggal putra China, Shi Yu Qi, yang akan berlaga pada Kejuaraan Dunia 2022 terus mendapat sorotan.

Pasalnya Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) sebelumnya telah menolak keikutsertaan Shi Yu Qi pada Kejuaraan Dunia selama tahap 1 karena masih menjalani hukuman larangan bermain.

Namun tiba-tiba, Shi Yu Qi masuk ke dalam daftar peserta ajang Kejuaraan Dunia 2022 pada 19 Juli kemarin.

Keputusan tersebut dipertanyakan oleh beberapa pihak yang menilai BWF telah merusak peraturan yang telah dibuat dan disetujui bersama.

Baca Juga: Viktor Axelsen Tuju Poin Ranking Sempurna, Anthony Bisa Gagalkan Asalkan Perbaiki Masalahnya

Menurut statuta BWF tentang Kelayakan dan Pemrosesan Entri untuk Kejuaraan Dunia, bagian 3.2.20 menyatakan, seorang pemain atau pasangan yang telah menolak di Fase Satu tidak bisa membatalkan keputusan awalnya alias tak bisa terdaftar lagi.

Namun akhirnya, Shi Yu Qi diizinkan bisa berlaga dengan status menggantikan Chen Long.

Akan tetapi, keputusan itu tak bisa diterima begitu saja. Salah satunya oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia.

Sekjen BAM, Datuk Kenny Goh mengatakan harus ada penjelasan untuk penambahan menit terakhir pemain peringkat 17 dunia itu.