Beda dari Yang Lain, Jorge Martin Suka 1 Perangkat di Motor MotoGP

By Wawan Saputra - Rabu, 27 Juli 2022 | 12:15 WIB
Pembalap Prima Pramac Ducati, Jorge Martin saat menjalani balapan di Sirkuit Mugello, Italia 2022 pada Minggu (29/5/2022) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Ride Height Device dinilai banyak pihak sebagai perangkat yang membuat MotoGP menjadi tak menarik karena minimnya overtaking, namun hal berbeda diutarakan pembalap Pramac Jorge Martin.

Perangkat Ride Height atau juga dikenal dengan nama holeshot device adalah salah satu inovasi di MotoGP yang memungkinkan akselerasi motor lebih baik.

Pasalnya dengan adanya perangkat ini maka ketinggian bisa disesuaikan sehingga mengurangi efek wheelie pada motor.

Ducati menjadi pabrikan pertama yang memperkenalkan perangkat ini pada awal tahun 2019.

Menjadi terobosan baru di MotoGP nyatanya perangkat ini justru menimbulkan banyak perdebatan di kalangan kontestan MotoGP.

Bahkan perangkat front height atau alat untuk menyesuaikan ketinggian bagian depan motor sudah resmi dilarang untuk MotoGP musim depan.

Sementara itu untuk pemakaian ride height device juga sudah resmi dilarang digunakan para pembalap di kelas Moto2 dan Moto3 musim depan.

Bahkan pembalap sekaliber Marc Marquez yang sudah meraih enam kali gelar juara dunia di kelas utama MotoGP pernah mengeluhkan sulitnya menyalip karena adanya perangkat holeshot.

Baca Juga: Bos Ducati Tak Sabar Goda Marc Marquez Jika Adiknya Lebih Sukses dengan Desmosedici