Diikuti 800 Peserta dari 55 Tim, Jakarta Dragon Boat Festival 2022 Siap Digelar

By BolaSport - Jumat, 29 Juli 2022 | 14:00 WIB
Jakarta Dragon Boat Festival Ke-4 akan diadakan pada Sabtu (13/8/2022) di Pantai Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. (JDBF)

BOLASPORT.COM - Perhelatan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4 sudah di depan mata.

Kejuaraan dayung dragon boat tahunan yang terselenggara berkat kerja sama Jakarta Paddle Club (JPC) dan Klub Dayung Bahtera di bawah naungan PODSI DKI tersebut akan diadakan pada Sabtu (13/8/2022) di Pantai Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Event ini sangat mengundang minat para sport enthusiast, pelajar, masyarakat umum, dan komunitas pemcinta olahraga terutama olahraga dayung se-Indonesia.

Tercatat sekitar 800 peserta yang tergabung dalam 55 tim akan berkompetisi memperebutkan hadiah uang tunai total senilai Rp135 juta.

Peserta tidak hanya berasal dari Jakarta tapi juga dari Riau, Jambi hingga Papua, di mana setengahnya merupakan tim baru dan belum pernah bertanding di kejuaraan sejenis.

Para peserta akan berlaga di 5 kategori yaitu Kategori Umum, Kategori Putra, Kategori Putri, Kategori Campuran, dan Undangan Pelajar, di mana mereka akan menempuh lintasan lomba sepanjang 250 meter.

Dayung dragon boat atau perahu naga telah menjadi olahraga populer di Indonesia karena dapat diikuti oleh kalangan awam dan pemula dari segala umur dan tingkat kemahiran.

Baca Juga: Jakarta Paddle Club dan Klub Dayung Bahtera Selenggarakan Jakarta Dragon Boat Festival Ke-4 2022

Setiap perahu membutuhkan 12 anggota yang terdiri 10 pendayung, satu drummer sebagai pemberi komando di perahu, dan seorang steerer atau pemegang kemudi.

Hal yang membuat olahraga dayung dragon boat menarik dan berbeda dari cabor air lainnya adalah olahraga ini sangat mementingkan kekompakan dan kebersamaan tim, tidak dapat mengandalkan kekuatan individu.