Liga 1 2022-2023 Jadi Satu-Satunya di ASEAN Yang 100 Persen Timnya Pakai Apparel Lokal

By Sasongko Dwi Saputro - Jumat, 29 Juli 2022 | 17:15 WIB
Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama Pranata, sedang menguasai bola dengan jersey terbaru musim ini ketika bertanding di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, 16 Juli 2022 (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Kabar seluruh klub peserta Liga 1 2022-2023 memakai apparel atau jersey lokal mendapat apresiasi dari luar negeri, termasuk negara tetangga Malaysia.

Pada Liga 1 musim ini, memang semua tim peserta menggunakan jersey yang disponsori oleh brand lokal.

Musim ini, Mills menjadi produsen jersey sang juara bertahan Bali United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC dan tim promosi Dewa United.

Bahkan, ada juga tim yang menggunakan jersey rancangan klub sendiri. 

Klub yang dimaksud ialah Persebaya Surabaya (produk AZA), Persib Bandung (Sportama), Barito Putera (H), PSM Makassar (Ewako PSM), dan Persis Solo (Tanpa Nama).

LUKMAN ADHI KURNIAWAN/ BOLASPORT.COM
Pemain Persis Solo dalam acara lauching jersey untuk Liga 1 2022-2023, Kamis (21/7/2022)

Hal itu menjadi sorotan dari Harimau Malaya selaku akun fanbase ternama Timnas Malaysia, apalagi Liga 1 Indonesia menjadi satu-satunya liga di ASEAN yang semua pesertanya menggunakan jersey merek lokal.

"Seluruh klub Liga 1 Indonesia dengan bangga mengenakan jersey yang didesain oleh brand lokal," tulis laporan Harimau Malaya.

"Setiap tahun sebelum musim baru dimulai, salah satu hal yang dinantikan oleh para penggemar sepak bola adalah peluncuran jersey baru tim yang merupakan simbol kebanggaan klub.