MotoGP Inggris 2022 - Tak Ada Tulang Patah tapi Aksi Heroik Espargaro Terancam Tak Lanjut ke Balapan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:42 WIB
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dipuji karena penampilan heroik saat kualifikasi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, 6 Agustus 2022. (ADRIAN DENNIS/AFP)

BOLASPORT.COM - Aleix Espargaro mendapat standing ovation karena kebangkitannya pada kualifikasi MotoGP Inggris 2022. Sayangnya, perjuangan pembalap andalan Aprilia itu terancam selesai sebelum waktunya.

Aleix Espargaro mampu keluar dari petaka yang dialaminya saat terlempar dari motornya pada latihan bebas keempat MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (6/8/2022).

Tentunya bukan berarti Aleix Espargaro melewatinya tanpa peluh dan penderitaan.

Espargaro masih pincang saat menaiki motor Aprilia RS-GP untuk mencoba peruntungannya pada babak kualifikasi yang memperebutkan posisi start.

Namun, pembalap tertua kedua pada MotoGP itu sukses menciptakan decak kagum saat mencetak rekor lap tercepat MotoGP di Silverstone hanya pada flying lap keduanya.

Espargaro mencetak waktu lap 1 menit 57,966 detik, lebih baik dari rekor sebelumnya yang dibukukan Marc Marquez (1:58,168) pada 2019.

Pembalap asal Granollers, Spanyol, tersebut pun menjadi manusia pertama di MotoGP yang mampu menembus waktu lap di bawah 1 menit 58 detik di Silverstone.

Tidak ada upaya lain dari Espargaro untuk mempertajam catatan waktunya. Meski demikian, pada akhirnya hanya ada lima pembalap yang mampu mengunggulinya.

Espargaro akan start dari posisi keenam, baris kedua dan posisi yang cukup terhormat untuk diperhitungkan sebagai kandidat juara lomba.

Baca Juga: Starting Grid MotoGP Inggris 2022 - Para Pentolan Berkumpul di Baris Kedua, tapi Espargaro Kesakitan