Usai Menang Piala AFF U-16 2022, Menpora Angkat Bicara soal Bonus Timnas U-16 Indonesia

By Sasongko Dwi Saputro - Selasa, 16 Agustus 2022 | 06:30 WIB
Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, saat final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. (MUTIARA KURNIA/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, buka wacana pemberian bonus untuk para pemain timnas U-16 Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengaku baru akan memulai pembicaraan mengenai opsi pemberian bonus untuk timnas U-16 Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022.

"Nanti akan kami bicarakan," kata Menpora singkat dilansir BolaSport.com dari Antaranews.com saat ditanya wartawan mengenai hal itu di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/8/2022), seusai menghadiri upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Menpora juga mengaku dia belum tahu apakah Presiden Joko Widodo berencana untuk memberikan bonus kepada Timnas U-16 atas prestasi di Piala AFF U-16 2022.

"Belum tahu. Tadi kita kan bicara Paskibraka," ujar Zainudin lagi.

Menpora mengingatkan bahwa dalam aturan, Pemerintah tidak mewajibkan pemberian bonus untuk prestasi yang ditorehkan di ajang-ajang olahraga tunggal.

Hanya acara multievent olahraga yang masuk dalam perhitungan bonus dari pemerintah Indonesia.

"Kalau dalam aturannya untuk single event kan tidak mesti," ujar Zainudin Amali.

"Yang mesti itu adalah multievent seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, Paralimpiade, Asian Paragames, dan ASEAN Paragames seperti yang kemarin ya," katanya.