MotoGP Austria 2022 - Sudah Tahu Penting, Yamaha Malah Sunat Keunggulan Quartararo pada Kualifikasi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 21 Agustus 2022 | 12:48 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat kualifikasi MotoGP Austria di Red Bull Ring, Austria, 20 Agustus 2022. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Hasil kualifikasi MotoGP Austria 2022 tak membuat pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, puas. Bukannya senang karena sendirian menjadi non-Ducati di baris kedua, Quartararo justru menyoroti penurunannya dalam kualifikasi.

Kualifikasi seharusnya menjadi sesi penting bagi Fabio Quartararo untuk membuka peluangnya lebar-lebar dalam meraih kemenangan pada MotoGP.

Di posisi terdepanlah, Fabio Quartararo bisa mengeksploitasi kekuatan Yamaha dalam corner speed sekaligus mencegah penurunan performa akibat ban yang kelewat panas seperti ketika berada di belakang rival.

Quartararo terbukti terampil dalam melakukannya.

Si pembalap Prancis sudah menjadi pole sitter di kelas MotoGP pada usia 19 tahun, rekor termuda sepanjang sejarah grand prix.

Quartararo juga dua kali mendapat hadiah mobil mewah pada 2020 dan 2021 karena memenangi penghargaan BMW M Award yang dihitung dari hasil kualifikasi sepanjang musim.

Namun, musim ini berbeda. Kualifikasi tak seindah dulu bagi Quartararo. Jangankan pole position, El Diablo kesulitan untuk sekadar merebut tiga posisi di baris start terdepan.

Teranyar adalah kualifikasi dari seri balap ke-13 MotoGP Austria yang berlangsung di Red Bull Ring, Austria, Sabtu (20/8/2022).

Quartararo "cuma" menempati posisi kelima, baris kedua, dengan waktu lap 1 menit 29,003 detik, terpaut 0,231 detik dari Enea Bastianini (Gresini Racing) yang merebut pole positon.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2022 - Bastianini Raih Pole Position, Bagnaia Ke-2, Quartararo Lolos 5 Besar