Tak Ada Bek Kanan Kidal di Dunia Ini, Kecuali Fenomena Frengky Deaner di Persija Jakarta

By Najmul Ula - Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:50 WIB
Bek sayap kanan Persija Jakarta, Frengky Deaner Missa (depan), sedang melakukan selebrasi seusai mencetak gol di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 31 Juli 2022 (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLANAS.COM - Frengky Deaner Missa dipasang sebagai bek kanan meski berkaki kidal di Persija Jakarta, nyaris tak ada padanan di sepak bola level tertinggi.

Kehadiran Thomas Doll di Persija Jakarta bukan cuma menampilkan sistem permainan yang progresif, melainkan juga sosok wonderkid unik nan potensial dalam diri Frengky Deaner Missa.

Frengky Deaner merupakan pemain kelahiran 20 Februari 2004 yang mampu menembus jajaran starter Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023.

Dalam lima pekan Liga 1 musim ini, Frengky Deaner diturunkan sebagai starter dalam empat laga, serta bermain penuh dalam tiga laga di antaranya.

Baca Juga: Bali United Unggul atas Persib Bandung pada Babak Pertama, 2 Pemain Timnas Berselisih dan Berbuah Kartu Merah

Catatan menit bermain Frengky Deaner (353 menit) pun hanya kalah dari Muhammad Ferarri (375 menit) sebagai pemain U-20 yang paling sering tampil di Liga 1.

Di awal telah disebut Frengky adalah pemain "unik", lantaran ia menempati posisi tak biasa, yaitu bek kanan yang notabene lebih dominan kaki kiri.

Tiga dari empat laga Frengky pada musim ini (Vs Bali United, Persis Solo, dan Persikabo 1973) dimainkannya dalam posisi bek kanan.

Satu laga lain (Vs PSM Makassar) ia dimainkan di posisi "asli" sebagai bek kiri.

Baca Juga: Hasil Liga 1 - Tiang Gawang Gagalkan Persebaya Ungguli PSIS di Babak Pertama