Rekap Transfer Musim Panas Liga Inggris: Chelsea dan Man United Pecahkan Rekor, Setan Merah Beli Pemain Termahal dalam Sejarah Deadline Day

By Ivan Rahardianto - Sabtu, 3 September 2022 | 05:15 WIB
Bursa transfer musim panas 2022 di Liga Inggris telah menorehkan banyak catatan hingga rekor. (TWITTER.COM/CHELSEA_FC_2022)

BOLASPORT.COM - Bursa transfer musim panas 2022 di Liga Inggris telah menorehkan banyak catatan hingga rekor, mulai dari rekor pengeluaran hingga klub yang paling boros.

Untuk rekor pengeluaran, klub-klub Liga Inggris telah memecahkan rekor bursa transfer musim 2017-2018.

Perkiraan dari Deloitte menunjukkan pengeluaran kotor musim panas ini sebesar 1,9 miliar pounds atau setara Rp32 triliun.

Dinukil BolaSport.com dari BBC, jumlah itu melebihi 487,8 juta pounds atau setara Rp8,3 triliun dari rekor sebelumnya, yaitu 1,4 miliar pounds atau setara Rp 24 triliun, yang dihabiskan sepanjang bursa transfer musim panas dan musim dingin 2017-2018.

Baca Juga: Rekap Bursa Transfer Barcelona - Krisis Keuangan Bukan Halangan, Barcelona Sukses Rekrut 7 Amunisi Anyar dan Lepas 16 Pemain

Di samping rekor di atas, ada beberapa rekor lainnya yang dibuat oleh klub-klub Liga Inggris selama musim panas 2022.

Pertama, klub Liga Inggris menghabiskan lebih banyak dari pengeluaran Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Jerman jika digabungkan.

Kedua, Chelsea menghabiskan lebih banyak uang dalam satu jendela transfer daripada klub lain dalam sejarah Liga Inggris.

Ketiga, Chelsea memimpin total pengeluaran musim panas ini untuk pemain baru dengan 278,4 juta pounds atau setara Rp4,7 triliun, yang melampaui rekor pengeluaran mereka sendiri di jendela musim panas dua tahun lalu.