Aksi Marc Marquez dkk Makin Seru dengan Sprint Race, Ini Format Baru MotoGP 2023

By Agung Kurniawan - Sabtu, 17 September 2022 | 21:15 WIB
Para pembalap di MotoGP musim 2022 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Dorna Sports selaku pihak penyelenggara MotoGP telah merilis format baru yang akan dipakai pada pekan balap musim 2023 mendatang.

Marc Marquez dkk akan menjalani format baru pada MotoGP 2023 seiring keputusan Dorna untuk menggelar sesi sprint race.

Di sela-sela bergulirnya sesi latihan bebas alias free practice MotoGP Aragon 2022, Dorna mempresentasikan format baru yang akan dipakai pada musim depan.

Dimulai pada hari pertama dalam pekan balap yakni hari Jumat, MotoGP mengubah istilah free practice menjadi practice alias latihan bagi para pembalap.

Dua kali sesi latihan hari pertama ini menjadi hal yang krusial bagi pembalap lantaran catatan waktu mereka akan dipakai sebagai acuan lolos langsung ke kualifikasi 2 (Q2).

Sesi latihan 1 nantinya akan berjalan selama 45 menit, sedangkan untuk sesi latihan 2 berlangsung lebih lama dengan durasi satu jam.

Menginjak hari kedua, istilah free practice kembali dipakai untuk semua kelas di mana sesi itu tidak akan berpengaruh pada klasifikasi hasil kombinasi latihan.

Free practice (FP) akan bergulir sebelum babak kualifikasi untuk menggantikan sesi FP4 yang akan dihapus mulai musim depan.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022 - Bagnaia Pimpin Dominasi Ducati, Quartararo di Baris Kedua