Ini Makna Bacuya yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

By Wila Wildayanti - Minggu, 18 September 2022 | 12:28 WIB
Maskot Piala Dunia U-20 2023 yakni Bacuya diperkenalkan di Bunderan HI, Jakarta, 18 September 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) resmi meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 2023.b Maskot mencerminkan Indonesia itu memakai karakter Badak Bercula Satu Jawa bernama Bacuya.

Peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia ini digelar PSSI di Bundaran HI bertepatan dengan car free day.

Dalam peluncuran Bacuya sendiri turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Direktur Kompetisi FIFA, Jaime Yarza, serta ada Direktur Utama PT Liga Indoensia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita.

FIFA sebelumnya telah meluncurkan logo Piala Dunia U-20 2022 pada Agustus lalu.

Baca Juga: PSSI Buka Kans untuk JIS Jadi Salah Satu Venue Piala Asia 2023

Kali ini Bacuya yang berarti Badak, Cula, Cahaya itu tampil menggenakan jersey tim nasional sepak bola Indonesia berwarna merah putih diperkenalkan di depan publik.

Peluncuran ini pun mendapat sambutan meriah dari publik yang hadir dalam acara Car Free Day (CFD), di Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Setelah diperkenalkan Bacuya pun langsung diarak menuju Monumen Nasional (Monas) dengan diiringin Menpora, perwakilan FIFA, dan PSSI.

Dalam parade sendiri ikut diramaikan oleh marching band dan anak-anak yang unjuk kebolehan memainkan sepak bola.