Bisikan yang Bikin Mikel Arteta Yakin Jadikan Pemuda 15 Tahun Debutan Termuda Liga Inggris

By Lariza Oky Adisty - Senin, 19 September 2022 | 07:15 WIB
Pemain Arsenal debutan termuda Liga Inggris, Ethan Nwaneri. (TWITTER.COM/DEMOCRACY_KENYA)

BOLASPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengungkapkan dua pembisik yang membuatnya menurunkan Ethan Nwaneri pada pertandingan melawan Brentford. 

Sejarah terjadi pada pertandingan Arsenal melawan Brentford dalam lanjutan Liga Inggris 2022-2023, Minggu (18/9/2022), tepatnya pada menit ke-90+2. 

Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun dan 181 hari bernama Ethan Nwaneri menjalani debutnya di Liga Inggris bersama The Gunners di Stadion Gtech Community.

Usia Nwaneri setara dengan siswa kelas 3 SMP. Ia lahir pada 2007 sebelum Stadion Emirates, kandang Arsenal, bahkan selesai dibangun. 

Ia pun memecahkan rekor pemain debutan termuda yang sebelumnya diukir oleh gelandang Liverpool, Harvey Elliot.

Dikutip BolaSport.com dari London Evening Standard, Arteta mempertimbangkan saran dari dua figur familiar sebelum yakin dengan keputusannya memainkan Nwaneri. 

“Keputusan saya murni mengikuti firasat. Saya menyukai gaya main Nwaneri saat bertemu dengannya,” kata sang nakhoda.

“Saya juga mendapat informasi dari Per Mertesacker (manajer Arsenal Academy) dan Edu (direktur teknik Arsenal), selain itu Ethan juga berlatih bersama kali beberapa kali.”

“Dia harus masuk skuad karena Martin Odegaard cedera dan saya punya firasat kalau saya harus memainkan Ethan kalau ada kesempatan.”