Update Peringkat Dunia BWF - Tak Ada Lagi Pemain No 1 asal Indonesia, Ayo Rebut Kembali!

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 20 September 2022 | 10:36 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, saat menghadapi Man Wei Chong/Kai Wun Tee dari Malaysia pada babak pertama Japan Open 2022 di Maruzen Intec Arena Osaka, Jepang, 30 Agustus 2022. (PBSI.ID)

BOLASPORT.COM - Indonesia tidak lagi memiliki pemain nomor satu dunia dalam pembaruan terkini peringkat dunia BWF untuk pekan ke-38, Selasa (20/8/2022).

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang selama ini dibanggakan harus rela turun takhta di ganda putra.

Sejumlah masalah yang melanda dalam dua tahun terakhir membuat Marcus/Kevin menyerahkan mahkota kepada wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang lebih konsisten.

Sebelum ini Marcus/Kevin masih tertolong oleh perubahan sistem ranking yang masih menghitung poin dari turnamen tahun 2019, tahun terakhir mereka mendominasi kompetisi.

Marcus/Kevin pun menjadi salah satu pemain yang terdampak ketika BWF mulai menormalisasi ranking dunia sejak awal Agustus lalu.

Tren positif saat sukses menembus lima partai final secara beruntun pada tahun lalu, termasuk menjuarai Hylo Open dan Indonesia Open, tak cukup menyelamatkan posisi mereka.

Ini menjadi pertama kalinya Indonesia tidak memiliki pemain/pasangan nomor satu dalam lima tahun terakhir.

Marcus/Kevin merebut kembali peringkat 1 dunia ganda putra pada 27 September 2017, dan tak tergusur sampai pekan lalu.

Marcus/Kevin bertahan di ranking 1 dunia selama 214 pekan beruntun di peringkat satu—pekan selama pembekuan ranking tidak masuk hitungan.

Baca Juga: BWF Mulai Pulihkan Ranking Dunia dan Dampaknya buat Pemain Indonesia