EURO 2024 - Gagal Total ke Piala Dunia, Timnas Italia Masuk Pot Unggulan Kualifikasi Piala Eropa

By Beri Bagja - Kamis, 29 September 2022 | 10:00 WIB
Striker timnas Italia, Giacomo Raspadori, merayakan gol ke gawang timnas Inggris dalam laga Liga A Grup 3 UEFA Nations League di Stadion San Siro, Jumat (23/9/2022). (MARCO BERTORELLO/AFP)

BOLASPORT.COM - Gagal total ke Piala Dunia, timnas Italia memperbaiki diri dengan masuk Pot unggulan untuk kualifikasi Euro 2024 berkat performa bagus di UEFA Nations League.

Timnas Italia menjadi salah satu kontestan yang tergabung dalam kelompok unggulan menjelang drawing kualifikasi Euro 2024.

Gli Azzurri masuk Pot khusus via jalur UEFA Nations League (UNL) berdasarkan performa positif mereka di liga antarnegara Eropa 2022-2023.

Pasukan Roberto Mancini memuncaki klasemen Grup 3 di Liga A untuk melaju ke babak semifinal UEFA Nations League.

Mereka lolos dari grup maut di level teratas ini yang berisikan Hungaria, Jerman, dan Inggris.

Seperti halnya timnas Italia, peserta yang masuk Pot unggulan lewat jalur UNL ini adalah pemimpin grup lain di Liga A, yakni Kroasia (Grup 1), Spanyol (2), dan Belanda (4).

Baca Juga: Hasil Lengkap UEFA Nations League - Drama 6 Gol Hiasi Duel Inggris Kontra Jerman, Penampilan Gemilang Donnarumma Bawa Italia Tumbangkan Hungaria

Sistem pengundian untuk kualifikasi Euro 2024 didasarkan kepada performa tim nasional di ajang UEFA Nations League 2022-2023.

Akibatnya, tim kuat seperti Prancis atau Inggris tergelincir ke Pot 2 kuaifikasi karena kinerja melempem mereka di UNL.