Duka Kanjuruhan, NOC Indonesia Kenakan Pita Hitam di Dada Selama Sepekan

By Delia Mustikasari - Senin, 3 Oktober 2022 | 19:20 WIB
Ketua Umum Raja Sapta Oktohari, mengenakan pita hitam sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan di Kantor NOC Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (3/10/2022). (NOC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menyematkan pita hitam sebagai tanda duka atas kejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022.

Musibah yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa ini diharapkan menjadi kejadian yang terakhir dalam olahraga Indonesia.

"Komite Olimpiade Indonesia mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk para korban Stadion Kanjuruhan. Semoga yang meninggal mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," kata Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga: Raih Podium MotoGP Thailand, Bagnaia: Terima Kasih Zarco dan Tim

"Duka Indonesia adalah duka dunia. Hari ini hingga tujuh hari ke depan, NOC Indonesia akan mengenakan pita hitam sebagai bentuk belasungkawa atas apa yang terjadi," kata Okto, sapaan karib Raja Sapta dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

Menurut Oktohari, sejak kemarin Indonesia banyak menerima ucapan bela sungkawa dari organisasi olahraga regional, kontinental, bahkan dunia. Baik melalui telepon, hingga pernyataan langsung yang diterima.

Terlebih, delegasi NOC Indonesia yang diwakili Komite Eksekutif Jadi Rajaguguk, Sekretaris Jenderal Harry Warganegara dan Wakil Sekretaris Jenderal III Josephine Tampubolon saat ini tengah berada di Kamboja untuk menghadiri Olympic Council of Asia (OCA) General Assembly di Kamboja, 3-5 Oktober.

Belasungkawa atas musibah di Kanjuruhan juga diutarakan para petinggi olahraga dunia, mulai dari President International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach, Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Giovanni Infantino, serta klub-klub sepak bola Eropa.

Salah satunya kompetisi sepak bola tertinggi Spanyol LaLiga mengadakan sesi mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan dimulai.

Selama pertandingan juga ditayangkan pita hitam dan bendera Merah Putih pada siaran langsung pertandingannya.