Legenda MotoGP Ungkap Penyebab MotoGP Kian Sepi, Ada Pengaruh Valentino Rossi

By Wawan Saputra - Minggu, 9 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, diikuti Johann Zarco (Prima Pramac) dan Marq Marquez (Repsol Honda) pada balapan MotoGP Thailand 2022, Minggu, 2 Oktober 2022 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Salah satu legenda MotoGP, Giacomo Agostini membeberkan beberapa penyebab yang membuat MotoGP saat ini kurang menarik untuk disaksikan.

Dalam beberapa kesempatan penonton MotoGP yang datang langsung ke sirkuit sangat menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai contoh pada MotoGP Italia 2022 hanya ada 74.078 penonton yang datang ke sirkuit dari hari Jumat sampai Minggu.

Penurunan juga terjadi pada MotoGP San Marino 2022 dimana hanya ada 101.440 orang yang datang menyaksikan MotoGP secara langsung.

Jika dibandingkan terakhir kali MotoGP boleh disaksikan secara langsung jelas terlihat penurunannya.

Dimana pada tahun 2019 total ada 159.120 orang yang rela menyaksikan MotoGP dari pinggir Sirkuit Misano, Italia.

Salah satu penyebab yang disinyalir membuat jumlah penonton turun adalah tidak adanya sang maestro sekaligus legenda MotoGP, Valentino Rossi yang memutuskan untuk gantung helm pada akhir musim lalu.

Selain itu Agostini menyebut bahwa saat ini kemenangan tidak ditentukan lagi oleh bakat alami seorang pembalap, melainkan dari seberapa baik set-up motor mereka.

Agostini menjelaskan di era Rossi peran pembalap lebih besar sehingga menarik perhatian para penonton untuk menyaksikan MotoGP.