Kesaksian Anggota TGIPF Usai Memeriksa CCTV Gate 13 Stadion Kanjuruhan: Mengerikan Sekali

By Sasongko Dwi Saputro - Senin, 10 Oktober 2022 | 22:30 WIB
Presiden RI, Joko Widodo saat mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang didampingi oleh Menpora, Zainudin Amali bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BOLASPORT.COM - Salah satu anggota TGIPF, Nugroho Setiawan, mengaku sudah melihat rekaman CCTV Pintu 13 Stadion Kanjuruhan.

Nugroho Setiawan menyatakan situasi di Pintu 13 pada hari terjadinya tragedi Kanjuruhan sangat mengerikan.

Sebagai informasi, Nugroho Setiawan adalah mantan pengurus PSSI yang memiliki lisensi Security Officer FIFA.

Menurut Nugroho Setiawan, rekaman CCTV memperlihatkan dengan jelas situasi ketika penonton berebut keluar dari Pintu 13 Stadion Kanjuruhan.

Nugroho Setiawan dengan tegas menyatakan tumpukan massa di Pintu 13 adalah akibat dari keputusan pihak keamanan menembakkan gas air mata ke tribune.

"Saya sudah melihat rekaman CCTV kejadian, khususnya Pintu 13. Itu mengerikan sekali. Jadi, situasinya adalah pintu sudah terbuka, tetapi sangat kecil," ucap Nugroho Setiawan dikutip dari Kompas TV.

"Pintu itu seharusnya digunakan untuk jalur masuk penonton. Namun, dijadikan pintu keluar. Situasinya adalah orang-orang ketika itu berebut keluar," ujar Nugroho Setiawan.

"Pada saat bersamaan, sebagian orang sudah jatuh, pingsan, terhimpit, terinjak, karena gas air mata," ucap Nugroho Setiawan.

"Miris sekali saya melihat detik-detik beberapa penonton yang tertumpuk dan kehilangan nyawa. Itu terekam di CCTV," ujar Nugroho menambahkan.