Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jatim Nico Afinta Dicopot

By Sasongko Dwi Saputro - Selasa, 11 Oktober 2022 | 04:00 WIB
Kerusuhan yang menimbulkan banyak korban jiwa terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya di Liga 1, Sabtu (1/10/202) di Stadion Kanjuruhan, Malang. (TOMMY NICOLAS/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Irjen Nico Afinta dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jatim oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buntut Tragedi Kanjuruhan.

Kapolri mengeluarkan keputusan tersebut buntut peristiwa yang menewaskan 131 fans di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, saat laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Liga 1 pada Sabtu (1/10/2022).

Jabatan Kapolda Jatim akan digantikan oleh Irjen Teddy Minahasa.

Untuk diketahui, Teddy Minahasa sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota.

Pencopotan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta berdasarkan telegram rahasia (TR) Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1386/X/2022 tanggal 10-10-2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Irjen Nico Afinta dimutasi sebagai Staf Ahli (Sahli) Bidang Sosbud di Mabes Polri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, ketika dikonfirmasi membenarkan pencopotan jabatan Irjen Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim.

"Ya betul, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ujar Dedi melalui pesan singkat, Senin (10/10/2022) kepada redaksi SuryaMalang.com.

Sebelumnya, desakan pencopotan jabatan Kapolda Jatim digaungkan oleh Aremania menyusul Tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).