Papua Football Academy Rasakan Berlatih di Tembagapura

By BolaSport - Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:20 WIB
Papua Football Academy saat mengunjungi PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Jumat (6/10/2022). (PAPUA FOOTBALL ACADEMY)

BOLASPORT.COM - Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Jayapura pada 31 Agustus 2022, Papua Football Academy yang bermarkas di Mimika Sport Complex, Timika, berkesempatan berkenalan dengan senior management PT Freeport Indonesia serta karyawan dan komunitas di Tembagapura.

Rombongan Papua Football Academy juga mengecap pengalaman berlatih di lokasi dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Berangkat pada Kamis (6/10/2022) siang, udara dingin khas Tembagapura langsung menyambut rombongan Papua Football Academy di sore harinya.

Perjalanan selama sekitar tiga jam menggunakan bus khusus tidak terasa melelahkan karena suasana dan atmosfer berbeda sangat menyenangkan bagi 30 siswa PFA.

“Sebuah kesempatan berharga bagi anak-anak untuk berlatih di Tembagapura, di ketinggian yang sangat berbeda dari tempat biasa mereka belatih,” ucap Wolfgang Pikal, Direktur Papua Football Academy.

Dua hari berlatih di lapangan sepak bola milik PT Freeport Indonesia itu, Jumat (7/10/2022) dan Sabtu, sesi latihan yang disusun tim pelatih melanjutkan program sesuai kurikulum yang selama ini dijalankan di Mimika Sport Complex.

Baca Juga: Luncurkan Papua Football Academy, Presiden Jokowi Harap Lahirkan The Next Boaz Solossa

Termasuk bagaimana membangun kekompakan saat bermain bola berpegangan tangan.

Hal itu adalah materi “sports for development” (S4D) yang diadopsi dari kurikulum kepelatihan Federasi Sepak Bola Jerman.

“Di sesi latihan pertama, kami berlatih menyerang di sepertiga lapangan lawan."