Penuhi Panggilan Komnas HAM, Indosiar Kekeh Otoritas Jadwal Tanding di PT LIB

By Wila Wildayanti - Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:55 WIB
Direktur Progamming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Komnas HAM, Jakarta, 13 Oktober 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad memenuhi panggilan Komnas HAM untuk memberikan keterangan terkait tragedi Kanjuruhan, Malang. Dalam pertemuan itu ia menegaskan tidak pada posisi mengatur jadwal.

Harsiwi Achmad menegaskan bahwa pihaknya tidak mengatur jadwal pertandingan dan waktu kick-off Liga 1 2022-2023.

Untuk jadwal pertandingan dan kick-off sepenuhnya dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator.

Penegasan ini diungkapkan Harsiwi seusai diminta keterangan oleh Komnas HAM, di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022), terkait jadwal tayang laga Liga 1 2022-2023.

Baca Juga: Resmi, Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia Bersama FIFA, AFC, PSSI, dan Pemerintah Terbentuk

“Tadi kami jelaskan sudah menjelaskan soal jadwal penayangan bahwa jadwal pertandingan itu otoritas liner itu ada di LIB. Karena LIB sebagai operator liga 1,” ujar Harsiwi kepada awak media termasuk BolaSport.com, Kamis (13/10/2022).

“Satu-satunya operator liga 1 di Indonesia yang kemudian mereka akan mengkomunikasikan ke broadcaster, kemudian pasti akan tejadi diskusi, dan kemudian akan ada solusi-solusi. Biasanya kami dalam diskusi tersebut akan memberikan berbagai aspek dan akhirnya nanti akan ada solusi-solusi yang didiskusikan bersama,” ucapnya.

“Karena yang tahu lapangan adalah LIB maka final otoritas ada di LIB dan kemudian kami semua termasuk boradcaster dan semua stakeholder mengikuti semua jadwal final yang dikeluarkan oleh LIB.”

Harsiwi menjelaskan untuk kick-off itu memang dirumuskan LIB dalam bentuk draft.