Tragedi Kanjuruhan - PT LIB Batal Penuhi Panggilan Komnas HAM, PSSI Kekeh Insiden Kehendak Tuhan

By Ibnu Shiddiq NF - Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:50 WIB
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sonhadji, sedang memberikan keterangan pers ditemani sejumlah rekannya salah satunya Yunus Nusi di Komnas HAM, Jakarta, 13 Oktober 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) batal menghadiri pemeriksaan Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) perihal tragedi Kanjuruhan yang sedianya dilakukan hari ini, Kamis (13/10/2022).

Komisioner Komnas HAM bidang Penyelidikan, M Choirul Anam mengungkapkan alasan di balik batalnya kehadiran PT LIB.

Menurut Aman, PT LIB tak hadir lantaran masih ada pemeriksaan dengan kepolisian di Polda Jawa Timur.

"PT LIB sampai saat ini (dibatalkan) sebenarnya komunikasinya kami berharap (bisa diperiksa) besok atau Senin karena sedang ada pemeriksaan dengan kepolisian di Polda Jatim," ujar Anam dikutip dari kompas.com.

Baca Juga: PSSI: Iwan Bule Mundur Bukan Tindakan yang Bagus

Kendati belum bisa memenuhi panggilan Komnas HAM, Aman menuturkan bahwa pihaknya masih menerima alasan operator kompetisi.

Pasalnya, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita merupakan satu dari enam tersangka yang ditetapkan dalam insiden Kanjuruhan.

"Saya kira informasi yang kami dapatkan untuk penundaan permintaan keterangan dari PT LIB sesuatu yang bisa kami terima karena memang sedang berproses di Jawa Timur," imbuh dia.

Pemeriksaan Komnas HAM tetap dilangsungkan dengan dihadiri Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Broadcaster Liga 1, Indosiar.

 Baca Juga: Kementerian PUPR Janjikan Semua Stadion Liga 1 hingga Liga 2 Aman dan Nyaman Gelar Pertandingan