TGIPF: Tragedi Kanjuruhan Lebih Seram Ketimbang Video di Medsos dan Televisi

By Ibnu Shiddiq NF - Jumat, 14 Oktober 2022 | 16:55 WIB
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, 11 Oktober 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM -Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mengungkapkan bahwa proses jatuhnya korban jauh lebih mengerikan dibanding gambaran dari video yang tersebar di media sosial.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua TGIPF sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Situasi kelam didapatkan tim TGPIF seusai melakukan rekontruksi dari rekamana yang berasal dari 32 kamera CCTV.

Mahfud MD menceritakan betapa mencekamnya keadaan pasca laga Arema FC vs Persebaya, terlebih setelah penembakan gas air mata oleh pihak keamanan.

"Korban yang jatuh itu proses jatuhnya lebih mengerikan dari yang beredar di media sosial ataupun telefisi, karena kita merekonstruksi dari 32 CCTF yang dimiliki oleh aparat," terang Mahfud MD.

Baca Juga: Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bertambah, Terbaru Oknum TNI yang Lakukan Tendangan Kungfu

Mahfud menjelaskan, korban saling berjatuhan karena efek langsung gas air mata.

Mereka ada yang tewas karena terinjak-injak lantaran panik ingin mencari pintu keluar.

Ada juga korban yang tewas ketika hendak menolong teman maupun keluarganya.

"Itu lebih mengerikan dari mati semprot mati, semprot mati. Ada yang saling gandengan untuk keluar bersama, satu bisa keluar yang satu masuk lagi untuk nolong lagi, ada yang terinjak-injak mati," jelasnya.

"Ada yang susah bernafas lalu mati, itu terlihat di CCTV. Kemudian yang mati dan cacat serta kritis, dipastikan itu terjadi desak-desakan karena adanya gas air mata yang disemprotkan. Itu penyebabnya."