Audisi Umum PB Djarum 2022 - Semangat Pantang Menyerah Gamma dan Kenji di Tengah Keterbatasan

By Delia Mustikasari - Sabtu, 22 Oktober 2022 | 11:39 WIB
Peserta Audisi Umum PB Djarum 2022, Leonardus Gamma Tirta Putra Harjanto setelah menjalani babak ketiga di GOR Djarum Jati, Kudus, Sabtu (22/10/2022). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Audisi Umum PB Djarum 2022 sudah memasuki hari keempat. Para peserta yang lolos, menjalani babak ketiga hingga kelima di GOR Djarum Jati, Kudus, Sabtu (22/10/2022).

Dari peserta yang berlaga hari ini, ada dua pebulu tangkis muda yang memiliki disabilitas fisik berlaga pada babak ketiga. Mereka adalah Leonardus Gamma Tirta Putra Harjanto dan Kenji Satria Pamungkas (U-13 putra).

Namun, Gamma (sapaan akrab Leonardus Gamma Tirta Putra Harjanto) dan Kenji belum berhasil melangkah ke babak berikutnya.

Kenji kalah dari Shane Marco Raphael (PB Teuku Umar), sementara Gamma kalah dari Hazel Alva Saputra (PB Panorama).

Pelatih Gamma di PB Purnama, Solo, Agus Joko Suseno mengatakan bahwa Gamma baru belajar bulu tangkis dua tahun lalu (2020). Awalnya, Gamma belum bisa sama sekali karena Gamma berawal dari atletik (lari).

Baca Juga: Denmark Open 2022 - Dari Thomas Cup, Marcus/Kevin Punya Modal Ganyang Ganda Putra Nomor 1 Malaysia

"Dia mulai tertarik ketika dia melihat anak-anak lain berlatih. Kebetulan dari pengurus PB Purnama, Mba Ambar yang juga pelatih fisik NPC (National Paralympic Committee) menariknya ke bulu tangkis hingga sekarang," kata Purnomo ditemui di GOR Djarum Jati.

"Alhamdulillah anaknya bisa rajin, terus dia juga semangat. Dia juga belajarnya cepat," ucap Purnomo.

Gamma yang memiliki keterbatasan di tangan kanan menjalani latihan Senin-Sabtu. Pagi berlatih privat selama dua jam (08.00-10.00 WIB). Sepulang sekolah, dia berlatih jam 16.00-18.00 WIB.

Ketika ada penbukaan pendaftaran Audisi Umum PB Djarum 2022, Gamma diarahkan mengikuti audisi berkat dukungan orangtua, pelatih, dam didukung dengan kemauan Gamma sendiri.