Tragedi Kanjuruhan - Komnas HAM Temukan CCTV di Area Parkir Mengalami Kerusakan

By Sasongko Dwi Saputro - Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:30 WIB
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam (kiri) dan Beka Ulung Hapsara (kanan), tampak sedang memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Komnas HAM, Gambir, Jakarta, 24 Oktober 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memberikan update terkait Tragedi Kanjuruhan.

Komisioner Pemantauan atau Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan bahwa pihaknya memiliki rekaman CCTV lengkap terkait Tragedi Kanjuruhan.

Namun, ada satu yang rusak yaitu CCTV di area parkiran Stadion Kanjuruhan.

Komnas HAM mengetahui hal itu setelah melakukan penyelidikan pada 19-22 Oktober 2022.

"Kami dalami CCTV. Persoalan ada di locusnya blank spot, kami bertemu dengan teknisinya," kata Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (24/10/2022) dilansir dari Kompas.com.

"Memang ada problem teknis CCTV di titik 16 di parkir yang bisa menunjukkan kepala singanya. Itu bermasalah sejak hari Jumat (30 September 2022)," kata Anam melanjutkan.

Anam mengatakan bahwa teknisi melakukan perbaikan CCTV, tetapi belum rampung pada hari Sabtu (1/10/2022) atau saat pertandingan Arema FC lawan Persebaya Surabaya digelar.

"Karena belum tuntas menggantinya, terutama pada mekanisme sinkronisasi IT, sampai pada hari H kadang-kadang muncul, kadang-kadang tidak," ucap Anam.

"Itu kami ditunjukkan detilnya oleh teknisinya. Teknisi dari Stadion Kanjuruhan yang memang sejak awal memasang CCTV dan sampai sekarang melakukan maintenance," ujar Anam.