Bos Persib Kaget PSSI Percepat KLB, Harap Pengganti Iwan Bule Lebih Baik

By Ibnu Shiddiq NF - Sabtu, 29 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar (kiri), sedang berjabat tangan dengan Luis Milla (kanan) selaku pelatih barunya di Graha Persib, Bandung, Jawa Barat, 22 Agustus 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar mengaku terkejut dengan keputusan PSSI mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB).

Keputusan percepatan KLB disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan seusai rapat Exco Emergency Meeting, Jumat (28/10/2022).

Menyikapi hal itu, Umuh Muchtar merasa ada faktor tertentu yang telah dipertimbangkan Induk Sepak Bola Indonesia untuk menggelar KLB.

"Disampaikan untuk KLB, saya juga terkejut. Mungkin untuk mempercepat atau mungkin ada desakan-desakan akhirnya Pak Iwan (Bule) ambil keputusan seperti itu," kata Umuh Muchtar dikutip dari kompas.com.

Baca Juga: Ayah dan Kakaknya Jadi Korban Wafat Tragedi Kanjuruhan, Bocah SD Ini Sakit dan Meninggal Dunia

Kebijakan memmpercepat KLB diambil sebagai respons atas surat yang dikirim dua anggota PSSI yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

Pelaksanaan Kongres Luar Biasa diharapkan dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota di PSSI.

Umuh Muchtar mengatakan, pihaknya bakal mempertimbangkan arahan PSSI terkait pemungutan suara agar KLB bisa terlaksana.

Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 Statuta PSSI, KLB dapat dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters) yang mewakili anggota PSSI, mengajukan permintaan secara tertulis.

"Senin pun klub akan dikirimi surat, apa itu undangan untuk pertemuan di Jakarta atau bagaimana. KLB ini PSSI yang putuskan, apa boleh buat, lebih cepat mungkin lebih baik," ujar Umuh.