Perpisahan Suzuki di Valencia dan Kelegaan Anak Legenda MotoGP Sudahi Penderitaan

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 1 November 2022 | 17:30 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins berada di depan dua pembalap Ducati Lenovo pada balapan di MotoGP Inggris 2022, Minggu (7/8/2022) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - MotoGP Valencia 2022 akan menjadi ajang perpisahan bagi sejumlah pembalap. Termasuk pabrikan Suzuki yang memutuskan menarik diri dari kompetisi.

Balapan seri ke-20 MotoGP 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia sekaligus aksi terakhir Joan Mir dan Alex Rins berseragam biru-biru bersama pabrikan asal Hamamatsu itu.

Suzuki memutuskan menarik diri setelah berkiprah selama dua dekade sejak era MotoGP pada 2002 silam.

Kemenangan pertama Suzuki di era MotoGP diraih oleh Chris Vermeulen dari Tim Rizla Suzuki pada balapan MotoGP Prancis dengan guyuran hujan lebat di Le Mans.

Setelah itu, Suzuki sempat vakum pada tiga musim MotoGP edisi 2012-2013-2014. Namun kembali lagi dengan skuat pabrikan bernama Tim Suzuki Ecstar pada tahun 2015 dengan koneksi pembalap Spanyol yaitu Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Baca Juga: Kesaksian Sabahat Valentino Rossi, Francesco Bagnaia Sudah Lunasi Janji

Pada tujuh tahun terakhir, Suzuki semakin berkembang dengan hadirnya pembalap-pembalap potensial.

MotoGP 2020 menjadi puncak bahwa Suzuki tak bisa diremehkan lagi ketika berhasil meraih gelar juara melalui Joan Mir.

Adapun musim ini, Alex Rins telah memberikan kado perpisahan yang manis setelah berhasil memenangkan balapan MotoGP Australia lalu dengan impresif.