Sikap PSSI terhadap Hasil Laporan Komnas HAM atas Tragedi Kanjuruhan

By Ibnu Shiddiq NF - Jumat, 4 November 2022 | 18:15 WIB
Ilustrasi PSSI atau logo PSSI. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh memberikan komentar perihal hasil laporan investigasi Komnas HAM terkait Tragedi Kanjuruhan.

Komnas HAM telah merilis hasil penyelidikan Tragedi Kanjuruhan, Rabu (2/11/2022).

Dalam laporannya, Komnas HAM menyimpulkan bahwa tragedi Kanjuruhan merupakan peristiwa pelanggaran HAM karena kesalahan tata kelola sepak bola.

"Kesimpulannya adalah peristiwa Kanjuruhan merupakan pelanggaran HAM yang terjadi akibat tata kelola yang diselenggarakan dengan cara tidak menjalankan, menghormati dan memastikan prinsip dan norma keselamatan dan keamanan," kata Komisaris HAM, Choirul Anam.

Baca Juga: Jenderal Dudung Dinilai Cocok Jadi Ketum PSSI Gantikan Iwan Bule

Menyikapi hal itu, Ahmad Riyadh menyebut laporan Komnas HAM tidak berbeda jauh dengan hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Dia pun mengklaim pihaknya telah menjalankan seluruh rekomendasi Komnas HAM terkait peristiwa memilukan usai laga Arema FC vs Persebaya.

"Selama itu baik semua, sudah dilakukan PSSI," kata dia dikutip BolaSprot dari Antara, Jumat (4/11/2022).

"Saat ini tim 'task force' jalan. Rekomendasi (Komnas HAM) isinya hampir sama dengan TGIPF seperti kompetisi bisa berjalan asal ada aturan tentang keselamatan serta keamanan yang menjamin semua pihak aman dan nyaman," jelasnya.